Bahasa, Penunjuk Level Intelijen Paling Umum

akhirakhir ini entah kenapa gue sering membahas halhal yang sebenernya serius. hari ini gue mau bahas tentang penggunaan bahasa, yang menurut gue bisa menunjukkan tingkat intelejensi atau otak nya ada isinya ato kaga. yah, seperti yang kita tau, remaja sekarang kalo ngomong pasti titik komanya diganti sama kata kasar dan kebon binatang keluar semua, mending kalo cuma satu, ini begitu keluar wuuuu ngaberebet. oke, back to the topic. ini sebenernya bisa membuat mereka menurunkan harga diri mereka sendiri, kenapa ?

paradigma masyarakat terhadap katakata kasar yaa sebenernya pasti jelek banget, pasti dipandang ngga berpendidikan atao apalah itu. tapi nyatanya generasi yang melek huruf ini tetep aja ngomong kasar dengan bangganya. padahal, banyak contoh yang bisa ngebuktiin sebenernya tingkat bicara sama tingkat otak itu berbanding lurus.

kita ambil seorang novelis, penulis Laskar Pelangi, Andrea Hirata. beliau bisa nunjukkin betapa berpendidikannya beliau dengan menumpahkan bahasa yang bener-bener mulus dalem novel-novel yang dia bikin, dan saat di cek, memang beliau adalah seorang lulusan suatu universitas yang cukup bagus, dan beliau lulus secara cum laude. dan nyatanya beliau ngga ngomong kasar koq, malah beliau bisa bikin yang baca novelnya berimaji begitu tinggi.

inilah yang membuat gue ngambil topik ini buat di tulis di blog gapenting ini. selain kalo ngomong kasar itu bikin harga diri rusak di mata masyarakat, buat gue sih nambah satu efek lagi. gue pernah kenal cewe yang cantik banget, tapi ngga gue keceng alias gue cuma kenal doang, dan alasan gue ngga mau deket sama dia itu satu : ngomongnya kasar banget. muka mulus, mulutnya kaga mulus. hancur hancur hancur itu cewe di mata gue (cowo).

yaa semuanya bergantung juga ke tiap pribadinya juga sih, gue ngga bilang yang tadi gue sebutin di atas itu adalah eksak, tapi gue mengambil pandangan mayoritas orang terhadap orang yang ngomongnya kasar. bukan berarti gue ngga pernah ngomong kasar, gue dulu juga parah banget ngomong kasarnya, but, ya sekarang udah berenti total, soalnya malu juga udah mah ngejelekjelekin diri, keluarga, dan yaa malu sama Tuhan juga sih.

soo, jaga mulut kita.

Leave a Reply

