kurikulum Indonesia ?

mungkin bingungnya anak SMA buat milih jurusan kuliah adalah salah satu kekurangan dari sistem pendidikannya Indonesia. ditambah kemaren ada kurikulum 2013, bagus sih banyak kerja sama kelompok, cuma ya tetep aja bikin siswa makin lama makin sore aja pulangnya. meskipun gue masih kena kurikulum 2006 alias KTSP, gue sering banget denger keluhan anak-anak yang dapet kurikulum 2013, yang paling ketara sih masalah pulang. dulu kan gue 10 jam pelajaran, masing” 40 menit. sekarang 1 jam pelajaran jadi 45 menit, tapi total jam sama. berarti kan bikin siswa balik lebih sore. belom lagi sekarang ada jam ke 0, misal gue biasa masuk sekolah 7.15, nah jam ke 0 itu masuknya jam setengah 7.

emang kenapa sih kalo siswa balik sore ? ini dari gue pribadi aja ya, menurut gue kalo siswa udah pulang sore, otomatis nyampe rumah juga cape, cenderung males ngerjain PR. ditambah ada les les pelajaran yang biasanya buat ngebantu pelajaran sekolaan (biasa mafiki). sue banget dah kalo yang orangnya kaya gue, gue kalo belajar butuh kondisi sepi banget, dan butuh kondisi badan yang enak. kalo udah balik jam segitu, mau ngapain juga gue sih males. cuma untungnya, PR jadi lebih dikit sih, gatau kalo di sekolah laen, kalo di gue, sebagai siswa kelas 3 (masih KTSP), biar balik rada sore, tapi PR udah ga terlalu banyak kaya dulu. gatau juga gue nasibnya yg kena kurikulum 2013, hahaha.

 

yang gue ga suka itu siswa cenderung diajarin ke semua arah, dan adalah hal yang sangat sulit buat siswa untuk memilih jurusan kuliah apa yang bakal ditekuni nya, ditambah apresiasi seni di Indonesia masih kurang banget. gue anggep lu lu pada yang baca udah bisa nentuin tentang jurusan IPA atau IPS — quite simple, lu suka ilmu pasti ato ilmu sosial ? nah yang jadi masalah itu saat kita kita udah masuk ke IPA ato IPS, dan mau nentuin jurusan kuliah. jurusan kuliah di Indonesia, sebetulnya agak licik, buat gue ada diskriminasi antara lulusan IPA dan IPS. ada jurusan-jurusan yang cuma anak IPA doang yang boleh masuk, tapi jurusan-jurusan IPS koq bisa dimasukin sama anak IPA ? buat elu elu anak IPA pasti jadi banyak yang “salah jurusan” gitu, awalnya pengen masuk teknik, berakhir di akuntansi dengan mengambil ladang anak IPS.

 

belom beres, kenapa anak IPS yang secara belajar geografi, gabisa masuk ke jurusan geografi, ato geologi, ato yang berbau dengan itulah, kenapa jurusan-jurusan tersebut diawali teknik ? kalo dijawab karena di teknik itu butuh matematika yang kuat, karena ada kalkulus dan bla bla bla. yang salah siapa ? kan di SMA matematikanya IPS sama IPA aja udah beda, kasian dong orang yang emang kenceng di geografi harus pupus mimpinya karena terjebak di IPS. mungkin inilah salah satu hal yang harus di ralat dari sistem pendidikan Indonesia.

 

satu lagi deh, ini hal yang gue rasain ga efektif banget buat di sistem kurikulum (KTSP sih ini) dari sudut pandang siswa. di fisika kelas 11 awal, diajarin tentang turunan(dikit banget)buat nurunin s jadi v jadi a, jadi mau ga mau guru fisika harus ngajarin turunan dulu di awal, padahal itu tugasnya matematika, dan turunan di matematka baru ada di semester 2 akhir kelas 11. apa ga harusnya di matematika udah belajar dulu tentang turunan, sehingga di fisika ga usah buang waktu ngejelasin yang jadi ladangnya matematika, dan lagi kalo emang udah belajar turunan di matematika, kan soal di fisikanya juga bisa lebih variatif gitu, ga mentok di sana. gue sebagai siswa juga bingung, pas kelas 11 awal belajar turunan dikit banget, eh di akhir-akhir baru ada turunan di matematika yang mendalam.

 

semoga dengan adanya perubahan di susunan kabinet kita yang sekarang, ada perubahan yang berdampak positif buat siswa, buat guru, karena siapa lagi penerus bangsa kalau bukan generasi muda yang sedang di didik ini ? (gue juga gitu maksudnnya ahaha)

 

-christopher chandra gouw-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s