BBM naik ?

gue sebagai pelajar SMA yang sehari – hari pake motor ke sekola, tentu pake BBM alias bahan bakar minyak. dan sebagai pelajar yang kantongnya beneran kantong pelajar (kan ada pelajar kantongnya ceo) gue biasanya ya ngisi bensin motor pake premium.

seudah ngedenger ada isu tentang bbm bakal naek, gue langsung membiasakan diri pake pertamax, maksudnya sih biar ga kaget kalo nanti premium naek , jadi alokasi duit buat bensin gue udah terbenahi duluan. tapi baru aja kemaren-kemaren harga bbm naek, dari 6500 jadi 8500. naik 2000. dan mendadak banyak masyarakat yang ga setuju dengan program pak Jokowi ini. 

harusnya masyarakat bisa lebih terbuka lagi pola pikirnya, APBN yang termakan banyak dengan subsidi BBM, menghambat laju pembangunan di Indonesia. uang yang harusnya bisa buat nge bangun Indonesia malah dipake ke subsidi BBM yang kebanyakan salah arah (termasuk gue). subsidi BBM buat rakyat kurang mampu memang betul sangat dibutuhkan, tapi gimana caranya biar pemerintah bisa memberi subsidi hanya kepada rakyat miskin saja, dan supaya tidak menjadi lahan permainan mafia migas.

BBM naik menurut gue pribadi adalah satu hal yang baik, biar orang pada mikir kalo mau pake motor ato mobil, ato buat yang berencana buat beli mobil ato motor. malah kalo bisa ya jadi pake angkutan umum semua, cuma, kelemahannya, angkutan umum itu diluar kebijakan pemerintah alias pemerintah gapunya kuasa buat ngatur angkot angkot. kalo angkot nya ugal-ugalan ? kalo angkotnya ngetem mulu ? kalo angkotnya males ? kita lapor siapa ? satu langkah yang berani buat pemerintah kita kali ini, kalo memang tujuannya ke sana, tentu pemerintah harus siap membenahi setiap angkot yang ada biar masyarakat tertarik buat naek angkot. namanya apa apa kalo diserahin ke swasta, tentu ujungnya ya mencari keuntungan, no offense, tapi inilah yang terjadi. gue kangen juga naek angkot yang enak, nyaman, bersih, ga ugal-ugalan, dan bisa cepet.

selanjutnya, kalo BBM naik itu sebenernya mau naek segimana juga, rakyat tetep butuh namanya BBM, dan tentu mau ga mau rakyat harus beli itu karena merupakan kebutuhan sehari-hari. namun yang buat gue kecewa adalah, kenaikan harga-harga lainnya setelah kenaikan BBM. hal hal yang padahal ga ada hubungannya sama BBM, dinaekin harganya dengan alasan kan harga bbm naek, jadi ini juga naek. menurut gue, adalah satu lagi tugas pemerintah buat menjaga harga pasar, biar tetap bisa dibeli oleh masyarakat, tapi juga ga bikin rugi negara.

BBM adalah hal penting buat segala macam transportasi. mungkinkah suatu saat ada putra putri Indonesia yang bisa menemukan pengganti BBM yang bisa dipake secara komersial dalam jumlah banyak.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s