chicago

hai hai halo halo. fyi, gue anak muda (sekarang) yang suka banget lagu lagu jaman bokap gue muda. dari taun 80-90an entah kenapa ngena banget dah lagu lagunya. dari sekian banyak lagu, gue suka banget sama lagu lagu yang diproduseri David Foster, salah satunya Chicago.

entah kenapa gue sama lagu lagunya Foster itu cocok, enak enak semua, liriknya bagus, dalem, dan secara gue juga bisa maen piano jadi lebih nyata aja gitu penghayatannya. Chicago, kenapa gue pilih Chicago, salah satunya karena emang suara suaranya emang enak asli dah.. pembagian suaranya manis, komposisi suara nya mantep, musik ga rese tapi musikal – mendukung lirik. dan lagu pertama yang bikin gue suka adalah “You’re The Inspiration”.

why ? ini lagu liriknya edan banget dah. cantik banget liriknya. dan emang ini tipe lagu setia – tipe gue gitu – edan, entah gue suka karena gue lagi galau #eh tapi emang bener lah ini lagu itu, kalo kata orang sunda ‘aing pisan’ — gue banget. tapi secar musiknya juga bukan kelas ece ece, susah ini lagu buat dimaenin, progresi chordnya cantik, ga maksa.

“No one needs you more than I need you” — Chicago

yang kedua, “Hard to Say I’m Sorry”, ini lagu emang agak bertolak belakang sih maknanya sama lagu yang tadi, tapi 22nya pas lagi menggambarkan rasa ini #naon. ini lagu kaya yang cerita sama gue, woh.. apalagi cara lagu ini mencapai klimaks nya itu pecah suaranya pecah banget dah, nusuk buat yang ngerti. makna nya dalem.

entah kenapa banyak perbedaan antara musik sekarang sama musik jaman jadul. coba gue kasih contoh ya.

Queen – “Love of My Life”, keren koq liriknya (walau kalo kita liat kenyataan bisa aja itu buat pasangannya si Freddie), meaningful, kayanya sakitnya itu sakit banget, dan beneran kehilangan banget gitu -sama kaya gue-.

EWF – “After The Love Has Gone”, ini lagu cantik banget nyanyinya, liriknya susah dimengerti, musiknya top abis dah. butuh beberapa lama buat gue buat ngerti ini lagu tentang apa. apalagi pas dinyanyiin lagi sama Brian McKnight.

George Benson – “Nothing Gonna Change My Love For You”, beuh ini lagu pasti pernah dengerlah. ngerti kan gausah dijelasin ?

Kansas – “Dust in The Wind”, ini musiknya enak, bisa didenger sama orang awam, dan dinikmati. musiknya unik.

Toni Braxton – “Un-break My Heart”, ini lagi juga terkenal sekaleeh. coba didengerin liriknya bener bener, coba dimengerti itu yang nyanyi gimana ekspresinya. dalem.

James Ingram – “Just Once”, ini edan dalem banget. nusuk liriknya. beneran emang yang nyanyi itu mau nyampein rasa sakit sama yang denger ini – secara emosional.

mungkin ini gue sifatnya subjektif, tapi ya ini menurut opini gue. sekarang sih lagunya agak gimana gitu. lagu indo jadul juga keren keren. Koes Plus, Dewa, Ermy Kulit, Ireng Maulana, Iwan Fals. TOP semuanya. semuanya.

Leave a Reply

