Derita Anak Kelas 3

sebagai anak kelas 3 SMA yang udah mau UN, tentu semester 2 ini jadi ajang kerja rodi, terutama buat gue. banyak penyesalan kenapa dulu ga belajar bener-bener, secara dulu masih ada waktu buat ngejar dan bisa ngerti lewat ngerjain PR. apa daya kelas 2 kerjaannya nyalin PR terus, sekarang malah kelabakan ga ngerti apa-apa.

terutama buat pelajaran mafikibio. #ainganakIPA

mat, kelas 2 sama domek, beliau ngajarin kedewasaan, jadi ya semuanya pilihan, mau ngerti ya bikin PR, mau cepet ya nyalin PR. tepatnya terlalu bebas. untuk kelas 3 ada juragan Tjen Boen Fie, lumayan masuk lah, ga dogol dogol amat bahan mat kelas 3, karena mau ga mau kudu bikin PR dan emang komitmen juga sih mengurangi nyalin.

fisika, kelas 1 sama 2 kaya cuma nempel bentar, terus beneran ilang. kelas 3 sekarang dijelasinnya gue ga ngerti, banyak materi dilewat, ngejar UN sembari ga kekejar kekejar sampe sekarang aja gue dan kawan kawan mau TO 1 kelabakan belajar ini itu saking banyaknya bahan. *gue doang sih*

kimia, ini satu satunya yang paling mending. mungkin karena dulu jarang nyalin PR hasilnya ya masih ada serpihan serpihan kecil yang nempel tentang kimia. ditambah guru kelas 3 nya enak banget laah, pa Suwanto ngajar santey banget tapi masuk gitu.

biologi. THIS IS SHIT. ini mapel yang paling gue ga bisa, dari jaman SMP sampe sekarang malah makin parah. kelas 1 sama 2, gue belajar bio ya cuma masuk masuk terus keluarnya lebih banyak dari yang masuk, tapi kalo buat ulangan itu jelas bahannya dan ngejelasinnya cukup terorganisir. kelas 3 ini ajaib. gue mengakui banget kalo guru bio kelas 3 gue ini emang pinter banget dan bener bener menguasai biologi, tapi sayang, buat anak-anak seperti gue yang emang gakuat banget sama bio beneran nyerah. gabisa terorganisir ngejelasin tentang apa, dianggepnya kita itu sama rata semua kaya yang juragan guru gue harapkan. kenyataannya, ya cengo semua. pertemuan ini sampe C. selanjutnya mulai dari J. ajaibb.

barusan curhat per mapel-mapel ajaib dari seorang siswa kelas 3.

ini mungkin salah satu pemikiran gue. kalo emang siswa lagi TO, sebaiknya sih dipulangin agak lebih pagi, kenapa ? karena gue juga ngerasain kalo TO itu butuh persiapan lebih dari apa yang diajarin di kelas. entah itu mau les pelajaran lah, ato mau belajar bareng sama temen. kan ga lucu pulang setengah 4, baru mulai les, nyampe rumah udah keburu tepar.

dan sering banget guru guru marah kalo ngedenger argumen murid kaya gini, mungkin ini salah satu yang perlu diperbaiki dari jadwal sekolah (terutama waktu TO). misal gini, ada 10 jam pelajaran, terus siswa minta dipulangin di jam ke 7 / 8. nah, strategi sekolah ya memadatkan jam pelajaran biar efektif, termasuk guru guru juga, misal dengan ga dateng telat ke kelas dan bisa menguasai kelas — itu udah bagus banget.

maksudnya memadatkan jam pelajaran itu ya, difokusin buat yang mapel eksak yang dari taun ke taun udah keliatan bahwa mapel tersebut yang sering dapet jelek, ya di padetin, pelajaran lain kaya bahasa sunda, dll ya boleh dong di cut dulu. kalo perlu langsung dibikin pelajaran khusus aja, misal ranking TO bio 40 terbawah ikut kelas KHUSUS bio aja kalo emang 1 orang ada di keempat-empatnya mapel, kan kita sekola 5 hari. bisa lah dipadetin sampe bener-bener efektif.

terus yang udah bagus gimana ? boleh dong minta bantu dikelas-kelas tambahan buat mapel mapel tertentu. nah, yang gue sebel satu lagi, kalo emang ada kelas tambahan gini, PASTI jamnya nambah jam sekolah biasa. makin aja sore, saran gue sih mending setelah TO, langsung kelas tambahan tersebut, jadi jam pulang sekolah setidaknya ga jadi ngaret lagi.

SKL yang gajelas juga jadi hambatan guru buat ngarahin muridnya belajar, jangan sampe di SKL apa yang keluar di soal siapa. ajaib kan. amajing. tentunya guru juga harus menguasai bener SKL, jangan ngalor ngidul kemana mana ke topik yang lain sampe siswa gabisa nangkep intinya apa.

Leave a Reply

