Mengapa Berhenti Merokok ?

Setelah lama engga ngepost di blog ini, dan setelah sekian lama dikejar kejar buat ngepost lagi (sama siapa hayoo) dengan alasan sibuk UN, akhirnya hari ini nge post lagi.. ye ye ye

Kali ini gue mau bahas tentang ngerokok atau ngebatang atau ngudud. Ga fair rasanya kalo gue bahas tentang rokok, tapi gue sendiri ga ada pengalaman, sayangnya gue pernah. Pernah merasakan diposisi perokok aktif tepatnya. Tapi gue udah cukup lama berenti, kenapa ?

Pertama gue jelasin dulu, apa sih alasan gue nyobain rokok ?

Awalnya, gue ngeliat bokap gue yang dulu juga perokok aktif, dan ya biasa sih namanya remaja, pengen tau. Simpel sebenernya, cuman pengen tau aja, tapi ini alasan terbesar gue buat nyobain ngerokok disamping KATANYA ngerokok itu gaya, KATANYA ngerokok itu lifestyle. Sampe akhirnya ditawarin gitu deh sama temen, dan akhirnya kecanduan, menyesal, dan bertobat. YES. Fyi, dulu udah sampe di 234 Premium, yang perbatangnya dibungkus kertas warna emas, bukan kelas Ice Blast hahaha.

Apa sih enaknya rokok ?

Awalnya gue batuk batuk, asli gaenak banget, ke leher kaya pait pait gitu, tapi efek udahnya kaya bikin tenang, seakan-akan masalah ngurangin – SEAKAN-AKAN – padahal kenyataannya malah makin nambah masalah gue. Terus, gue sempet kebawa dengan kata kata “laki ga roko ga laki bro” – awas ada yang kesinggung – nah jadi gue sempet kebawa kata kata itu, jadi aja lanjut terus.

Gimana sih ngeles nya kalo dibilang rokok ga baik ?

Sebelom orang orang pada ngomong juga, gue udah tau sebenernya rokok ga baik, cuma ya dasar remaja, masih labil akhirnya dilanjutin terus, padahal udah kerasa sesek.

Ga maksud buat ngajarin ngeles, tapi gue cuma contohin alibi yang biasa gue pake,

“Lo tau ga, 3 % orang di dunia mati karena ngerokok ? Berarti, 97 % orang di dunia mati karena ga ngerokok ?” – dongo, ngeroko cuma bikin lo cepet mati aja.

“Rokok tuh kan setan, setan itu harus di bakar” – iya dibakar, gausah diisep.

Kenapa awalnya bisa berenti ngerokok ?

Nah ini, fyi gue dulu kalo ngerokok diluaran, gamungkin ada di ruangan, jadi pasti sambil naek motor. Nah singkat cerita, gue ketauan sama mentor gue kalo gue ngerokok, dan disana gue sadar, kok cukup bodo ya gue ngerokok, secara ga langsung image gue dimata orang juga jadi negatif, udah mah ngerusak diri sendiri gue bayar lagi, kasian orang orang yang berada di deket gue secara galangsung dipandang orang laen negatif karena gue ngerokok.

Waktu itu sempet bilang juga ke bokap (saat itu bokap udah ga ngerokok), dan untungnya bokap gue berpikiran dewasa, dia bilang gini sama gue “Udah lah, kata papah mah jangan, kalo saya mah sesek. Sok kamu kan udah gede, udah bisa milih mana yang bener, mana yang salah.” — cuma pake bahasa sunda. Ekspektasi gue, gue bakal dicecer alias di marahin abis abisan, tapi ngeliat bokap gue ngomong gitu, gue sadar, bokap gabisa marahin gue abis abisan tentang rokok, karena beliau dulu juga perokok. Gue gamau kaya gitu ke anak gue.

Alasan lain berhenti ngerokok ?

Setelah gue berhenti, ini yang selalu nguatin gue buat ga mulai ngerokok lagi. Mungkin bakal pada mikir gue mikirnya kejauhan, tapi sampe sekarang, ini yang buat gue bertahan.

Awal mula gue kenal rokok, karena liat bokap gue juga perokok. Gue mau mengurangi kemungkinan anak gue nanti ngerokok dengan cara gue ga ngerokok, setidaknya lebih baik mencegah.

Saat gue ngerokok, gue sadar ada orang orang ga berdosa yang ikut ngehirup racun dari rokok gue. Kalo orang lain, ya udah, tapi kalo misal sampe nikah punya anak gabisa berenti gimana ? Harus anak istri gue ngirup asep rokok dari gue ?

Pernah denger ga sih kisah orang, udah sekian taun ngerokok, tapi tetep miskin. Padahal kalo diitung, duit yang dia pake buat beli rokok, bisa buat beli rumah kalo diakumulasiin. Pernah ga sih denger kisah orang yang kanker paru paru, cuma gara gara perokok akut ?

Gue masih pengen hidup panjang, masih pengen liat anak gue nanti nikah, dan akhirnya gue punya cucu. Pengen liat anak cucu gue berhasil. Gue gamau nyusahin anak istri gue karena gue sakit masuk rumah sakit — dan biaya rumah sakit ga ada yang murah. Percayalah.

Salam buat perokok aktif ?

Gue ngerti, lo lo pada ga akan bisa langsung lepas dari rokok, cuma mulai lah mikir buat nikah, buat anak istri lo. Lo ngerusak hidup sendiri ya udah lah, salah lo. Lo ngerusak hidup orang lain, tega ?

Banyak temen temen gue yang saat gue bilangin gitu, bilang kalo dia bakal berenti saat nikah ato punya anak. Pertanyaan gue, apa kabar kalo ternyata lo ga bisa berenti ? Kalo ga mulai dicoba sekarang, mau nyoba kapan buat berenti ?

 

5 thoughts on “Mengapa Berhenti Merokok ?

  1. suka banget post ini. tuhkan banyak ga enaknya tapi masih heran aja sama orang masih suka ngrokok. terus kalau udah sampe di 234 Premium, maksudnya gimana?

    anyway salam kenal. kamu kayaknya seru orangnya 😀

      1. ckckck. dulu mantanku kan sakit batuk, terus dia bilang kalau ngerokok merk apaaaa gitu, batuknya hilang -_-
        itu dia yang bodoh, atau aku yg dibodohin~

Leave a Reply

