lego lego lego

beberapa kali gue ngebahas tentang robot ya, nah kali ini mungkin bisa gue perjelas hahaha

jadi seperti yang gue pernah tulis di post-post sebelumnya, ada satu mata kuliah yang namanya PRD (Pengantar Rekayasa dan Design) yang tugasnya bikin berbagai macam robot dalem satu semester ini. robotnya apaan tuh ? robot yang kita pake di sini adalah LEGO MINDSTORMS EV3 yang isi kit nya banyak banget nget nget — dan sejak awal diarahin kalo ada yang ilang satu part aja langsung E katanya, serem bener 2 SKS ini.

jadi ceritanya kita dibagi beberapa kelompok, yang satu kelompoknya ada 12 orang, dan tiap-tiap kelompok dikasih kit : Core Set sama Education Set. dan jadinya banyak banget partnya yang jelas hahaha mana kecil-kecil lagi. nah tiap minggu kuliah itu, kita dikasih modul untuk ngerakit robot sesuai instruksi yang ada, misal yang bisa ngikutin garis, yang bisa naik tangga, bisa bikin gasing (?) dan banyaak lainnya.

nah karena ini kan udah minggu2 terakhir kuliah, jadi ada namanya tugas besar. nah di tugas besar ini ada beberapa level, kebetulan kelompok gue ambil yang rubik solver – ahahaha. awalnya panik, tapi untung aja semuanya udah ada bahannya dan kita tinggal rakit doang. nama produknya mindcuber dan kita tinggal ngikutin instruksi aja dan kelar. yang biasanya jadi masalah adalah, kita tiap robot diminta adanya laporan yang diketik (dalemnya ada analisis program) dan video dokumentasi. ditambah akhirnya minta di upload di FTP (File Transfer Protocol) gitu deh.

uniknya, biarin udah ada tuh si formatnya, tetep ajaa susah dan kadang bingungin programnya (yang isinya berlipat-liat dan biasanya bukan gue yang kerja haha). karena set yang kita dapat adalah set bekas dari kating(kaka tingkat) dan suka ada aja yang part nya kurang — disinilah kita harus mikir buat ngakalin cari substituen yang bisa gantiin part yang kurang tapi ga ngubah fungsi utamanya.

kesannya selama kerjain, ya rame sih ini karena ini barang mahal katanyaa dan maklum lagi kecil ga main lego legoan (apa udah lupa ya haha) jadi sekarang seneng banget maenan lego. paling agak susahnya kalo modul yang didapet butuh parts dari 2 kelompok, koordinasinya agak susah karena yang dipinjem itu part nya kecil kecil benerrr…

nih yang mau liat apa sih rubik solver itu ..

gambar: LEGO

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s