Masih Adakah Toleransi di Negeri Ini ?

Miris, melihat berita yang di share oleh salah satu teman saya sesama pengguna LINE. Video bertajuk “Ibu Ini Menangis saat Dagangannya Disita karena Berjualan Siang Hari di Bulan Ramadhan“. Sebelum anda melanjutkan membaca, saya dengan rendah hati meminta kejujuran hati teman-teman beragama dan memegang teguh prinsip ajarann agama masing-masing.

Sebagai seorang non-muslim, tentu saya kaget saat melihat berita tersebut dan menonton video Satpol PP di Serang, Banten sedang “merazia” warung makan yang buka selama bulan puasa yang merupakan berita dari KOMPAS. Tak langsung percaya, saya melakukan pencarian bilamana ternyata berita tersebut tidak valid, atau sudah kadaluarsa. Tidak mengejutkan, ternyata berita tersebut berita resmi dari KOMPAS yang belum lama di post.

Saya sendiri tidak mengetahui pandangan jelas dari sisi teman-teman muslim, namun sebagai kelompok minoritas yang hidup di negeri ini rasanya semua teman muslim saya sama-sama menghormati kami yang tidak beribadah puasa. Betul toleransi itu penting, tentu sebagai nasrani saya menghormati teman-teman muslim yang melaksakan ibadah puasa, namun apakah tak sebaliknya mereka juga perlu melakukan toleransi bagi kami ? Namun selama ini saya tak merasa terusik, dan saya telah merasa mereka sangat menghargai status saya sebagai non-muslim.

Menurut penuturan KOMPAS, Satpol PP yang melakukan razia bergerak atas izin dari Pemkot yang menghimbau semua rumah makan untuk tidak beroperasi saat siang hari selama bulan puasa. Himbauan. Menyedihkannya, mengapa harus seperti itu sampai disita makanannya ? Saya sendiri sangat kecewa dengan pemerintah kota Serang. Memangnya semua umat muslim berpuasa ? Bagi mereka yang berhalangan ? Bagi kami yang tidak melaksanakan ibadah puasa ?

Saya kira sudah cukup sopan para pemilik warung dengan menutup dengan kain rumah makannya, namun masih belum cukup kah ? Lalu, apakah restoran besar seperti McDonald dan KFC tidak beroperasi ? Saya yang tinggal di Bandung, McD dan KFC masih beroperasi kok. Apabila McD dan KFC di sana beroperasi, apakah akan dirazia dan di sita semua makanannya ? Tidak cukup yakin, kan hanya KATANYA hukum berpihak pada rakyat kecil.

Apalagi ada pemilik warung yang beralasan karena momen Lebaran segera tiba. Tega.

Berita: KOMPAS 

 

Leave a Reply

