Impresi

Sebagai massa baru (bahkan belom) himpunan tentu ada kaderisasi. Apa sih intinya ada kaderisasi ? Terutama buat gue pribadi sih ya minimal buat kenalan sama hal/tempat yang dituju. Kaderisasi saat mau masuk himpunan itu biasa disebut ospek jurusan – osjur – yang biasanya paling ditakutin sama anak-anak yang baru naek tingkat 2.

Kenapa sih ditakutin ? Gini loh, saat lu masuk kampus, kan kaderisasi yang pertama didapet itu OSKM ato sekarang namanya INTEGRASI yang intinya lu disambut di kampus ini dengan kelompok mentor yang baik-baik, keamanan yang tegas tapi cantik, medik yang senyumnya ga abis-abis dan ga ada sesi marah-marah ato temen-tenennya. Ditambah, OSKM itu kelasnya terpusat, alias semua mahasiswa baru ITB ngejalanin hal yang sama.

Terus bedanya sama osjur apa ? Osjur itu setau gue yang ngadain ya Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dalam ranah gue karena gue anak kimia, berarti HMK AMISCA ITB – himpunan mahasiswa kimia ITB. Ngapain ikutan osjur ? Gue sih biar masuk himpunan, terus masuk himpunan buat apa ? Dari kacamata seorang maba, pake jaket himpunan (jahim) itu hal yang keren, jadi gue pengen aja pake haha, jawaban seriusnya ya biar kenal dong sama angkatan atas – masa mau kenal seangkatan doang.

Osjur itu dilakuin biasanya pas awal masuk kuliah di jurusan alias awal tingkat 2. Dan ga jarang osjur itu dilakuin di depan maba, yang masih polos terus liat segerombol orang lagi pada sibuk, lagi di teriak-teriakin, terus tanya kanan kiri itu lagi ngapain, dijawab lagi osjur. Dari situ muncul stigma yang buruk terhadap osjur. Apalagi katanya, kimia ketimuran, katanya.

Dari sana, sebagai maba yang baik ya gue menerima dong stigma itu, bahwa osjur itu kejam, kaka tingkat di jurusan itu galak-galak. Tapi saat gue masuk ke jurusan, walau gue belom osjur, tapi kan udah mulai ketemu sama kakak-kakak himpunan, ternyata  sebagian besar dari mereka santai alias selo banget. Mereka mau gitu diajak kenalan sama tingkat 2 yang lugu ini, ga jual mahal, ga sombong. Bahkan diawal-awal angkatan gue diajakin fun futsal gitu sama himpunan.

Impresi awal gue terhadap massa himpunan tentunya jadi sangat-sangat positif. Apalagi pas kita ngerjain buku angkatan, pasti kan disuruh wawancara sekian kating, saat mereka di wawancara juga selo selo semua, bahkan ga sedikit yang ngajak bercanda kita-kita tingkat 2. Ada yang serius juga tapinya, tapi banyakan sih santi santi gitu kakak nya. Tapi jadi ada kepikiran hal lain sih, gimana kalo semua ini cuma ilusi ?

Dadah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s