opinibuku : 24 Jam Bersama Gaspar

gaspar

Pertama kali gue liat buku ini di account instagram salah satu penjual buku-buku indie pas mereka buka PO buat produksi buku ini. Awalnya ga tertarik, karena covernya bener-bener aneh, dan judulnya juga sama sekali ga pernah denger. Tapi yang bikin gue tertarik adalah logo mojok di kanan atas, yang berarti ini salah satu penulis mojok. Tapi gue ga beli saat itu. Setelah baca review sana-sini, akhirnya memutuskan juga kayanya bagus sih ini buku, dan juga emang butuh selingan yang agak ringan hehe. Akhirnya beli deh buku ini di gramed karena pas liat ada di gramed, kirain dijual terbatas hehe.

Pas baca halaman-halaman awal, gue udah ngerasa ini fix novel lucu dan ringan. Gaspar, tokoh utama dalem novel ini digambarkan cukup detail, tapi nyeleneh. Masa ada orang mutusin pacarnya dan nyuruh pacarnya ini pacaran sama temennya. Kampret banget kan. Akhirnya lanjutin baca, dan memang gue menemukan hal yang lebih lucu di buku ini : ada transkrip dialog dua orang seakan lagi interogasi, tapi jawaban dari orang yang diinterogasi ini ngawur banget. Bisa-bisanya yang diinterogasi seakan memarahi yang menginterogasi, dan bikin bete si polisi ini. Dikenalin juga  Cannizzaro Cortazar – yang awalnya gue bingung ini siapa – terus belakangan baru sadar bahwa ini nama yang dikasih Gaspar buat motornya. Cortazar ini ceritanya punya kemauan sendiri, seolah hidup, dan belom tentu rukun sama yang punya/naik. Menghibur sekalee.

Sebenernya, yang dibawa Sabda Armandio ini hal yang cukup serius. Hal ini dijelasin pas halaman-halaman terakhir novel ini. Tentang adanya pelecehan seksual, pedofilia, dan hal-hal kriminal lainnya. Namun penulis membawa topik ini secara perlahan, lembut diawal, sedikit dibuat pusing ditengah – membuat tim perampok yang merupakan keluarga sendiri, bahkan ibunya sendiri – hingga akhirnya dibawa ke topik yang serius dan cukup membuat gue harus memperlambat kecepatan membaca. Pembawaan, alur, selipan, dibuat penulis serasi dengan gaya penulis sendiri yang membuat pembaca juga menjadi enjoy saat membaca dan gabutuh adaptasi khusus terkait gaya penulisan. Hal ini menjadi poin plus, karena gue saat pertama kali membaca buku Pramoedya Ananta Toer (Pram) “Bumi Manusia” gue butuh waktu agak lama buat ngerti cara nulis Pram dan baru bisa enjoy dengan cara menulisnya.

Hal pertama yang gue kritik terhadap buku ini, adalah font nya. Mungkin receh ya kritik gue hehe, tapi font yang dipake ini agak kebesaran dan bikin pembaca cepet banget pindah baris. Ini subjektif sih, tapi memang gue ngerasa novel ini bahasanya ringan, kiasan-kiasan yang dipake juga gaperlu mikir lama, jadi buat bacanya cenderung cepet. Ditambah font nya yang besar, bikin rasanya cepet banget pindah barisnya. Fontnya lama kelamaan enak dibaca, mungkin gue diawal adaptasi aja sih ya. Hal kedua yang gue kritik, ga ada. Hal yang jadi sorotan gue ituu adanya ilustrasi setiap akhir bab. Misal ngegambarin Cortazar, Koka (senjata), ngegambarin Budi Alazon, ini bikin imajinasi liar pembaca dikerangkeng tapi memuaskan gitu.

Novel ini merupakan Pemenang Unggulan sayembara novel dewan kesenian Jakarta 2016, jadi ini bukan novel abal-abal tanpa prestasi. Mojok juga bukan situs abal-abal, susah bikin tulisan yang bisa tembus ke website mojok. Buku ini berhasil mencuat keluar dari antara tulisan-tulisan lain dan dibukukan. Ga ada alasan lain yang bisa mendiskreditkan buku ini sih menurut gue. Cocok banget buat yang suka detektif-detektif lucu, ada cinta-cinta, ada keluarga, ada pertemanan, lumayan lengkap dimunculkan penulis.

24 Jam Bersama Gaspar oleh Sabda Armandio
Cetakan Pertama, April 2017
Penerbit : Mojok
ISBN : 978-602-1318-48-5

 

Leave a Reply

